Tulisan saya kali ini bukan mengenai JAVA atau bahasa pemograman lain. tapi mengenai proposal proyek pembangunan sebuah perangkat lunak.. proposal ini pernah saya buat bersama rekan saya Lista Nagara waktu mengambil matakuliah Proyek Sistem Informasi Management yang diampuh oleh pak Kristoko Dwi Hartomo dan kami mendapatkan tugas akhir berupa pembuatan proposal dan sekaligus pengembangan aplikasinya.. seperti apakah proposal proyek dan standard apakah yang dipakai untuk membuat proposal tersebut?… jawabannya sederhana “coba teman” masukan kata kunci di google mengenai SKPL(Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak) atau SRS(Software Requirements Specification)”. semua artikel menyangkut kata kunci tersebut akan menjawab permasalahan diatas.🙂 dalam pembuatan proposal ini kebanyakan kami mengambil reference berdasarkan standard pembuatan SKPL dan SRS. berikut adalah contoh proposal proyek tersebut :

maksud dan tujuan saya mengupload contoh proposal yang pernah dibuat ini adalah sebagai contoh dalam pembuatan proposal proyek sistem informasi. tekhususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi yang mengambil matakuliah PSIM. begitulah singkatannya. dikarenakan mahasiswa ketika mendapatkan TA berupa pembuatan proposal proyek dengan sejuta bingungnya mau dibuat kayak gimana proposal tersebut..🙂  saya sadar proposal tersebut belum sempurna atau belum secara total berdasarkan standart pembuatan SRS/SKPL. untuk itu mohon masukan sebagai pembelajaran selanjutnya.. semoga membantu🙂