hai guyss…!

kali ini saya coba review sedikit mengenai Sistem operasi yang saya pakai saat ini yaitu linux Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot). ditro Linux yang satu ini menurut saya keren karena mendukung beberapa fitur animasi dan unity yang cool !!. itu menurut saya. namun untuk versi yang skarang ini masih terdapat beberapa error. kadang toolbarnya hilang dan kadang layarnya blank pas restart..hmmm.. mudah-mudahan diperbaharui nantinya.. dari pengalaman menggunakan Linux, banyak hal-hal membingungkan yang saya dapatkan mulai dari pengaturan partisi sampai konfigurasi yang biasanya memakai “Terminal”. tapi setelah search dengan bentuan om google akhinya ada tambahan ilmu untuk menggunakan ubuntu dan sebenarnya memakai ubuntu ada hal-hal asyik yang kita dapatkan dan menurut teman saya kita dapat mengembangkan distro ubuntu sesuai keinginan kita karena OS nya yang bersifat open Source…cool kan?

biasanya saat menggunakan OS yang satu ini, pertanyaan yang selalu dan selalu saya dengar dari teman dan saya pernah alami sendiri untuk pertama kalinya adalah dimanakah windows explorernya?dimanakan drive C, D dan E?winampnya mana?aplikasi yang ada di windows bisa di install di sini?kalau gak bisa payah donk..!!helooooooo..beda OS, beda sistem dan aplikasi…hahahha

tapi jangan kuatir, karena sebenarnya ubuntu menyediakan yang namanya Ubuntu Software center. semua aplikasi tersedia distu.yang penting anda terkoneksi dengan internet, anda bisa menginstallnya sesuai kebutuhan dan sesukanya.kalau tidak ada internet anda juga bisa menginstallnya secara offline yang penting aplikasinya download dlu. lagian di linux kan juga bisa install aplikasi windows dengan bantuan wine atw aplikasi tambahan..jadi lebih unggul kan?

berikut beberapa aplikasi yang dipakai pada ubuntu saya :

  • Pemutar Audio yang biasa saya pakai : Audacious, Exaile Music Player, Listen Music Player  dan Banchee Media Player. 
  • Pemutar Video  adalah Movie Player dan VLC Media Player.
  • untuk merekam dekstop saya gunakan : Dekstop Recorder, Kazam ScreenCaster, XVidCap Screen Capture.
  • untuk merekan dan mengedit suara biasanya menggunakan : Sound Recorder dan Audacity.
  • untuk mengedit atau menggabungkan video dan audio saya gunakan : openshot Video Editor dan Avidemux
  • untuk tampilan dan animasi saya gunakan : CompizConfig.
  • untuk Dock saya gunakan : Cairo Dock.

nah, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat ubuntu 11.10 yang saya pakai melalui video berikut :

Download ubuntu di www.ubuntu.com