Install Microsoft Office 2007 di linux mint 12 / ubuntu 11.10 (Problems & Solutions)


artikel kali ini saya akan bahas cara install Microsoft office 2007 di linux mint 12 (Lisa) atau Ubuntu 11.10 (oneiric ocelot) dan beberpa masalah yang saya temui saat menginstall MS office serta solusinya. kita akan gunakan aplikasi wine sebagai alat bantu untuk menginstall office 2007 di linux. berikut tahapannya :

  • install wine di linux. bisa menggunakan Software Manager (linux mint) atau Ubuntu Software Center (Ubuntu) atau gunakan terminal seperti berikut :
sudo apt-get update
sudo apt-get wine
  • buka aplikasi wine yang sudah terinstall lalu pilih Configure wine dan pada tab Applications pilih windows version yang mau diinstall sebagai contoh “windows 7”. lalu OK.
  • install MS Office dengan cara klik kanan “setup.exe” dari office kemudian pilih “Open with Wine Windows Program Loader”. install programnya seperti biasa.

sampai disini anda sudah dapat menggunakan MS Office di linux jika pada tahap diatas anda berhasil melakukannya. namun bagi saya TIDAK. maklum MS office yang saya pakai adalah bajakan dan sudah dikompress sehingga MS Office saya hanya berisi Picture Manager, Excel, Powerpoint, outlook dan word. mudah-mudahan punya anda legal. :-D.

sehingga terlebih dahulu saya harus memasukan Crack di instalasinya. namun biasanya kalau di windows 7, ketika saya memasukan crack dan mengisi serial number masalah selesai tapi beda halnya pada linux mint yang saya pakai. ketika saya memasukan crack, saya tetap TIDAK bisa bisa memasukan SN karena kotaknya didisable atau diblock.

nah, setelah mencari solusi sana-sini akhirnya ketemu juga. jika anda punya masalah seperti saya atau masalah lain misalkan tidak dapat membuka MS Office lakukanlah cara berikut :

  • buka wine > Configure wine lalu pilih tab Libraries dan pada New override for library cari “riched20.dll” kemudian klik add. lalu pada kotak yang berisikan “riched20.dll (native, builting)” klik edit dan piih native (windows). lalu OK.

setelah saya melakukan cara tersebut akhirnya serial number bisa diisi. dan MS office-pun bisa saya pakai di linux mint 😀

selamat mencoba!  semoga tutorial yang ini bermanfaat (HINDARI PEMBAJAKAN) 😀

Advertisements

5 thoughts on “Install Microsoft Office 2007 di linux mint 12 / ubuntu 11.10 (Problems & Solutions)

  1. kreatif, hanya itu tuh, melegalkan ms office yang tidak ori sepertinya merusak citra Linux yang Free. Padahal di LibreOffice juga bisa disave .doc atau .rtf yang bisa dibuka di word (kalau tidak salah) – Yang jelas di office 2010 bisa dibuka, termasuk .odt (kalau tidak salah).
    Tapi gpp, hanya untuk pengembangan. Selamat berkarya lagi.

  2. Menurut pengalaman saya, membuka dokumen yg awalnya dibuat di winXP menggunakan Ms Office 2007, semua pengaturan akan kacau…adakah solusinya??? atau tidak ada yg mengalaminya selain saya???hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s