welcome back guyss!!english dikit.😀

kalau di winduws, satu-satunya text-editor yang dikenal dan sering dipakai adalah Notepad atau biasanya wordpad. atau kalau mau yang text-nya berwarna dan mendukung juga buat syntax highlighting / syntax coloring misalnya saat menulis suatu bahasa pemograman biasanya yang dipakai adalah Notepad++namun lain halnya di linux terutama linux mint atau ubuntu. text editor yang disediain sangatlah banyak baik yang tulisannya gak berwarna sampai yang ada warnanya. makanya saya sangat betah dengan yang namanya linux karena hampir semuanya serba open source (Gratis-code). nah, berikut ulasan saya mengenai text-editor yang saya tau dan saya pakai di linux mint. check it out !!

1.   MousePad

text-editor yang satu ini menjadi favorite saya atas kehandalannya makanya ditaruh di nomor 1. mousepad ini sangatlah ringan, sederhana bahkan sangat cepat ketika menulis sebuah text. walaupun textnya gak berwarna namun kecepatannya luar biasa.

2.   LeafPad

kehandalan dan kecepatannya sama dengan Mousepad bahkan ada line numbernya yaitu penomoran pada setiap baris text.

3.   jEdit

nah, kalau tadinya yang gak berwarna, sekarang yang text-nya berwarna atau mendukung syntax-coloring. jedit hampir sama dengan Notepad++  mendukung syntax highlighting hampir semua bahasa pemograman. walaupun berwarna dan mendukunng bahasa pemograman tapi text-editor ini tidak bekerja layaknya Netbeans atau eclipse namun hanya seperti editor biasa.

4.   Kate

berikutnya adalah kate.  sama halnya dengan jEdit sebelumnya, kate juga mendukung syntax-coloring pada banyak bahasa pemograman. selain itu fiture-fiturenya sangat lengkap.

saya rasa cukup dulu ulasan saya mengenai text-editor pada linux mint.😀 text-editor diatas yang biasanya saya pakai, dan tentunya masih banyak lagi bahkan ada text-editor sederhana dan ringan yang bisa langsung mencompile dan menjalankan suatu bahasa pemograman. untuk itu tunggu saja artikel selanjutnya.

selamat mencoba!! semoga bermanfaat😀