Artikel kali ini saya akan bahas mengenai cara install sebuah file di linux mint atau ubuntu. saya akan coba menginstallnya di linux mint karena pada dasarnya kedua distro sistem operasi linux ini sama baik linux mint ataupun ubuntu maka anda bisa menc0banya juga dengan cara yang sama di ubuntu. beberapa jenis format file yang akan kita pelajari cara menginstallnya adalah  .bin, rpm, deb, sh, tar.gz, exe dan juga cara install file dari repositori. linux mint yang saya pakai adalah lisa (linux mint 12). kita langsung aja !

install file .sh

untuk menginstall format file yang satu ini caranya cukup mudah karena pada dasarnya linux mint mendukung format file ini yaitu dengan membuka terminal lalu ketikan :

sudo sh nama_file.sh

install file .deb

menginstall file .deb bisa menggunakan aplikasi GDebi package installer  yang sudah terinstall pada linux mint. atau anda juga bisa menginstallnya melalui terminal dengan cara :

sudo dpkg -i nama_file.deb

install file .bin

install file .bin dapat dilakukan dengan cara yaitu buka terminal lalu ketikan :

sudo chmod +x nama_file.bin

perintah diatas untuk memberikan ijin ke file agar dapat dieksekusi. kemudian jalankan perintah berikut untuk menginstallnya :

sudo ./nama_file.bin

install file .rpm

format file yang satu ini sebenarnya bukan untuk linux mint atau bawaan ubuntu tapi untuk distro linux yang lainnya(itu menurut saya). tapi kita dapat menginstallnya di linux mint menggunakan bantun alien. jangan takut karena alien bukanlah makluk asing UFO tapi makluk asing di linux yang fungsinya untuk mengkonversi file .rpm ke file .deb agar dapat diinstall.😀 cara installnya adalah sebagai berikut :

sudo apt-get update
sudo apt-get install alien

cara diatas untuk menginstall alien. setelah itu baru anda dapat menkonversi file .rpm dengan cara :

sudo alien -k nama_file.rpm

lalu akan tercipta file baru dengan format .deb kemudian anda dapat menginstallnya dengan cara install file .deb (tutorial di atasnya). atau dengan perintah berikut :

rpm -i nama_file.rpm

install file .tar.gz

file .tar.gz adalah file yang sudah di buat arsip jadi sebelum kita menginstallnya, kita perlu untuk mengekstrak terlebih dahulu file tersebut. cara menginstall file yang ada pada .tar.gz sangat beragam caranya tergantung pada isi dari file tersebut. untuk mengekstrak file .tar.gz dapat dilakukan dengan aplikasi Archive Manager  yang sudah ada di linux mint. atau dapat melakukannya dengan cara berikut malalui terminal yaitu :

 sudo tar -zxvf nama_file.tar.gz

lalu masuk ke forlder hasil ekstrak tersebut dan baca README atau INSTALL untuk melihat petunjuk penginstallannya. biasanya dapat dilakukan dengan cara berikut apabila dalam folder terdapat file configure :

./configure
sudo make
sudo make install

install file .exe

file dengan format yang satu ini tidak asing lagi untuk didengar dan sangat mudah untuk menginstallnya di windows karena memang format file yang satu ini bawaannya windows, tapi bagaimana kalau menginstallnya di linux terutama linux mint?apakah bisa menginstall format .exe di linux?jawabnya bisa dengan menggunakan pihak ketiga untuk menginstallnya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi yang namanya wine. untuk menginstall wine dapat menggunakan terminal atau melalui software Manager (linux mint) atau Ubuntu Software Center (Ubuntu). melalui terminal dapat dilakukan dengan perintah :

sudo apt-get update
sudo apt-get install wine

cara install file .exe menggunakan wine dapat dilakukan dengan cara :

  • cara pertama melalui terminal :
sudo wine nama_file.exe
  • cara kedua yaitu klik kanan pada file .exe lalu pilih “open with wine” atau “open with lalu select wine”.
  • cara ketiga dengan menggubah kode launcher pada wine dengan menggunakan terminal ketikan :
gksu gedit /usr/share/applications/wine.dekstop

pada texteditor yang terbuka, cari dan ganti baris “Exec=cautious-launcher %f wine start /unix” menjadi “Exec=wine start /unix %f”. setelah itu save dan close. setiap file .exe bisa langsung di klik double untuk membuka atau menginstallnya.

install file dari repositori

untuk menginstall menggunakan file dari repository maka komputer atau laptop harus terkoneksi dengan internet karena file harus didownload kemudian diinstall. cara menambahkan file repository ke linux untuk dapat menginstall aplikasinya yaitu :

sudo add-apt-repository ppa:user/ppa-name
sudo apt-get update
sudo apt-get install nama_aplikasi

“ppa:user/ppa-name” adalah alamat letak file ppa. selengkapnya bisa lihat disini.


demikianlah cara menginstall beberapa format file pada linux mint. silahkan dikomentari jika ada tambahan lain..selamat mencoba!! mudah-mudahan dapat bermanfaat😀